26 August 2008

RING BACK TONE ... Bisnis Musik Yang Menjanjikan Saat Ini

Telepon seluler dengan segala perkembangannya yang begitu pesat sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian masyarakat dunia baik masyarakat awam ataupun pebisnis, termasuk di Indonesia. Pada awalnya telepon seluler atau yang lebih dikenal dengan hand phone hanya memberikan fasilitas – fasilitas kemudahan komunikasi yang berupa fungsi sebagai telepon dan fungsi untuk mengirim pesan singkat (SMS).
Namun seiring perkembangan kebutuhan, kemudahan, cita rasa bahkan gengsi masyarakat, pabrikan – pabrikan dan operator – operator telepon seluler gencar menawarkan berbagai fasilitas dan fitur – fitur tambahan dari produknya agar dapat dipergunakan oleh para pengunanya, telepon seluler / hand phone kini tidak hanya sebagai alat komunikasi dan sms belaka tapi beranjak menjadi Personal Data Assistance (PDA), Alat Perekam, Kamera juga sebagai Alat pemutar Lagu.
Dalam hal sebagai alat pemutar lagu di era budaya masyarakat urban saat ini, para pengguna hand phone kian merasa dimudahkan untuk mendengarkan lagu favoritnya, tidak repot dan kapan saja serta dimana saja, mereka dapat memutar lagu tersebut melalui handphonenya. Bagi pabrikan dan operator seluler hal ini tentunya dapat menjadi nilai tambah serta memperluas ruang bisnis, karena masyarakat ingin mudah untuk memutar, mendownload dan menjadikan lagu favoritnya menjadi sebuah nada sambung pribadi.
Persaingan diantara Provider/ Operator Seluler tidak hanya dalam hal tarif percakapan, akan tetapi dalam hal penyediaan value added service (VAS) seperti fasilitas hiburan berupa nada sambung pun persaingan kian gencar, satu sama lain kian melengkapi stok atau library musik dan lagu untuk di download para pelanggannya, menurut informasi pengguna nada sambung pribadi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan, secara grafik konsumsi terhadap pemakaian nada sambung pribadi terus naik.
Kesempatan bagus bagi para pelaku musik, musisi maupun band untuk segera beralih serta melirik bisnis jasa nilai tambah ini, kenapa ?
  1. Ring Back Tone adalah sebuah jasa layanan nomor #1 yang turut memberikan atau menghasilkan pendapatan yang besar saat ini.
  2. Ring Back Tone relatif aman dari pembajakan, tidak seperti produk fisik (CD / Kaset) yang riskan untuk di bajak.
  3. Pertumbuhan pengguna telepon seluler di Indonesia terus meningkat.
  4. Harga jual dari satu lagu Ring Back Tone lebih tinggi dan sharing royalti pun menjanjikan apabila kesepakatan atau perjanjian kerjasamanya dilakukan secara fair.
Maka tidak ada salahnya apabila musisi maupun band untuk mencoba mempromosikan dan mengkomersialisasikan album atau hit single, dalam Jasa layanan Ring Back Tone ini, jadikan momentum ini sebagai ladang penghasil duit selain dari show, dsb.


No comments:

Post a Comment