31 January 2011

Pentingnya Melakukan Promosi !

Pernahkah rekan-rekan berpikir bahwa seiring kemajuan teknologi, setiap detik, menit, jam, hari bahkan bulan bermunculan artis-artis, band-band baru melakukan promosi dan memenuhi semua media yang ada saat ini, tidak terkecuali di semua stasiun televisi, di radio-radio, di media-media cetak serta lewat gebrakan-gebrakan baru yang mereka buat, tentunya ini sewaktu-waktu dapat menggeser kedudukan bahkan menjadi pesaing bagi rekan-rekan, artis-band yang telah ada sebelumnya.

Apa yang sebenarnya rekan-rekan tunggu?

Ada sebagian musisi dan band mengatakan “saya sedang menunggu sukses... saya sedang menunggu diketemukan” atau seperti pernyataan dari seorang musisi yang saya kenal “kenapa harus repot-repot untuk berpromosi kembali, karena orang-orang telah mengenalku dan mengetahui eksistensi bandku, mereka yang membutuhkan pasti akan mencari”. Suatu pernyataan yang menurut saya di era yang serba cepat ini sudah tidak relevan... never wait for it... post power syndrome!

Pernyataan yang dimaksud oleh musisi-musisi seperti itu sebenarnya mengisyaratkan “saya sudah mentok karena benar-benar tidak tahu harus melakukan apa lagi!”

Lantas apa yang harus kita lakukan dan bagaimana?

Jawabannya adalah segeralah berkarya dan lakukan promosi! walau sekecil apapun dampaknya pasti ada serta tidak akan sia-sia, jangan dulu berpikir untuk membuat sebuah materi promosi yang ideal, wah atau yang besar karena tentunya akan memakan biaya besar pula. Banyak ragam kegiatan promosi yang sebetulnya sederhana namun apabila dilakukan secara sungguh-sungguh dalam arti kata dilakukan dengan konsisten pasti akan memberi dampak.

Melakukan promosi adalah melakukan sebuah proses bagi eksistensi rekan-rekan selanjutnya, berangkatlah dari apa yang ada serta dari apa yang bisa langsung dilakukan, modal dan biaya yang diperlukan dapat disesuaikan dengan kondisi finansial yang dimiliki, terutama untuk artis-band baru.

Lakukan promosi mulai dari cara yang sederhana seperti mengirimkan profile ke setiap booking agent, promoter, produser/ label, publisher, event organizer atau bila perlu membagi-bagikan selembar profile band yang di fotocopy hitam-putih sekalipun ke setiap sekolah menengah, pelajar-pelajar atau dipajang di studio-studio musik rental tidak ada salahnya...

Berbagi pengetahuan dan pengalaman bermusik dengan rekan-rekan pelajar atau anak-anak muda di lingkungan sekitar rekan-rekan pun dapat membantu menaikkan eksistensi, apalagi didukung aktif bergaul di komunitas-komunitas musik serta pemanfaatan media lain yang dapat mendukung kemajuan karir adalah merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan juga, seperti diantaranya penerbitan-penerbitan industri musik baru/ dijital (content provider), majalah-majalah, surat kabar, radio, televisi lokal dan media-media yang ada di internet.

Rekan-rekan dapat memanfaatkan media-media tersebut untuk melakukan kerja sama barter promosi dengan garansi seperti memasang logo media tersebut di area media promosi kita atau pada cover album rekaman kita, atau garansi show gratis apabila media tersebut membuat event dengan catatan syarat-kondisinya bisa di negosiasikan kembali, melakukan pendekatan untuk beriklan secara gratis, atau lebih jauh dapat melakukan kerjasama dalam pengisian artikel maupun rubrik musik, membuat resensi (buku musik, album rekaman atau alat musik), serta bentuk-bentuk lainnya yang dapat dikreasikan oleh rekan-rekan.

Intinya dari segala paparan ini adalah bahwa banyak ragam-cara untuk melakukan sebuah kegiatan promosi, sifat dan bentuknya dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta anggaran dana yang dimiliki.

Terpenting yang harus senantiasa dilakukan adalah berusahalah untuk selalu tampil sebanyak mungkin, penuhi keingintahuan khalayak luas dengan aksi dan terobosan baru yang dibuat rekan-rekan maka dijamin tawaran tampil di banyak tempat akan datang menghampiri.

2 comments:

  1. muhun a kedah kitu...satuju pisan:"berbasis pada public knowledge".

    ReplyDelete