12 April 2009

Jikun /rif... Salah Urat (Sprain)


Oleh. Aam Guitartainment

Cerita ini bermula ketika Jikun gitaris band /rif sedang mengumpulkan materi untuk album instrumental perdananya, ia merasakan tangan kirinya seperti mati rasa, setelah diperiksa oleh dokter ahli tulang dan syaraf, ternyata persendian dan pergelangan tangan kiri Jikun mengalami penekanan, hal ini disebabkan kecelakaan yang di alaminya 10 tahun lalu yang mengakibatkan pergelangan tangan kirinya patah.

Maka dari kejadian tersebut timbul idenya untuk menambahkan kata sprain pada nama band dan solo album perdananya, yaitu JikuNspraiN yang pada saat itu sedang digarap. Album Jikun ini berisikan 6 lagu instrumental rock dengan lagu andalan “Carolus Daylight” serta dua buah lagu andalannya yang menggunakan lirik, salah satu diantaranya dinyanyikan oleh Pongky Jikustik yang berjudul “Untuk Dirimu”.

Didalam peta industri musik Indonesia... instrumental hanya diminati oleh kalangan-kalangan tertentu saja seperti di kalangan penggemar musik jazz atau klasik, namun di negara lain seperti di Amerika dan Eropa, musik instrumental tidak hanya diminati dan di produksi oleh orang-orang maupun musisi di kalangan musik jazz atau klasik saja, tapi di kalangan pemusik rock juga telah memiliki banyak album instrumental.

Album instrumental rock di Amerika dan Eropa sudah banyak diluncurkan dan telah mengorbitkan musisi seperti Joe Satriani, Yngwei Malmstein, Steve Vai, Marty Friedman, Jason Becker, Paul Gilbert,dan lainnya...

Sedang di Indonesia sebelumnya memang telah ada yang melakukan tapi hal itu masih bersifat album keroyokan/ kompilasi beberapa musisi gitaris seperti Album Gitar Klinik, atau pada umumnya dilakukan untuk menjadi lagu tambahan/ bonus track pada album yang di rilis oleh bandnya. Dan Jikun atau orang lebih mengenalnya dengan Jikun /rif dapat dikatakan sebagai musisi pertama yang berani untuk mengeluarkan album solo instrumental rock.

Mengapa Jikun membuat solo album instrumental rock?

Di awal era tahun 80-an anak muda di Indonesia kurang tertarik untuk mendengarkan atau bahkan cenderung malu mendengarkan musik Indonesia, akan tetapi di era tahun 90-an muncul musisi-musisi favorit yang banyak digemari anak muda khususnya musik rock, yang mana salah satu grup musik yang muncul dan populer di era tersebut adalah band /rif.

Dalam grup inilah Jikun dibesarkan sebagai artis-gitaris... dan hal ini kiranya merupakan salah satu alasan yang melatarbelakanginya untuk berani membuat solo album, selain dia pun melihat di blantika musik tanah air sejauh ini belum pernah ada yang mengeluarkan album instrumental rock, lantas dengan berbekal latar belakang dan pengalaman tadi Jikun memutuskan untuk menciptakan sesuatu yang lain yang belum pernah di buat di Indonesia yaitu instrumental rock.
Tentang tujuan pembuatan album dengan format instrumental rock ini Jikun berharap bahwa albumnya tersebut dapat menambah kekayaan musik modern di Indonesia dan dapat menjadi pilihan alternatif baru bagi para menggemar musik pada umumnya atau penggemar musik rock khususnya.
Jika saat ini masyarakat atau anak-anak muda mengenal adanya musik rock Jepang, maka Jikun yang sejak remaja menggemari musik rock berkeinginan untuk menciptakan aliran musik rock Indonesia, dia juga ingin mengapresiasikan kemampuannya dalam bermain musik... yaitu gitar, untuk dibagikan kepada masyarakat.

Siapakah Jikun sebenarnya?

Jikun adalah nama panggilan dari Adji Pamungkas yang diberikan oleh teman-teman semasa duduk di bangku sekolah menengah atas, rupanya nama itulah yang hingga kini melekat dalam dirinya dan membawanya ke dalam dunia musik.

Jikun mulai belajar gitar ketika duduk di bangku sekolah menengah pertama Perkenalannya dengan gitar disebabkan ia ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dengan teman-temannya ketika menghadapi ujian akhir sekolahnya. Salah satu mata pelajaran yang diujikan waktu itu adalah kesenian dimana mengharuskan tiap-tiap murid untuk memainkan salah satu alat musik.

Saat sebagian besar teman-temannya memilih pianika atau suling, Jikun justru memilih alat musik lain yaitu gitar, “Ujian akhir tinggal dua minggu lagi sedangkan saya belum bisa memainkannya, kemudian meminta bantuan salah seorang kru band yang sering memainkan The Beatles di Bandung untuk mengajari bermain gitar”... Cerita Jikun.

Dengan bermodalkan gitar pinjaman lalu mulai belajar memainkannya, lagu yang dimainkan waktu itu adalah “Stairway to Heaven - Led Zeppelin”, kenang Jikun.

Ujian akhir telah selesai dan dia pun berhasil memainkan dengan baik lagu Stairway to Heaven, dan semua itu bukan akhir dari permainan gitar Jikun, melainkan sebagai awal dari kecintaannya pada gitar... Ia telah jatuh cinta pada gitar.

Selanjutnya Jikun mendalami gitar secara otodidak dari permainan grup-grup musik metal seperti Black Sabbath, Judas Priest, Iron Maiden dan Van Halen, dia pelajari. Dia juga membentuk band metal dan tampil di beberapa acara Hut Kemerdekaan RI atau ‘Agustus-an‘ di kecamatan-kecamatan kota Bandung.

Untuk memperdalam teori musik dalam memainkan gitar, Jikun berkonsultasi kepada seorang master gitar, yaitu Yono AR. Sejak saat itu Jikun mulai rajin mengikuti berbagai festival musik dan sempat mendapatkan predikat gitaris terbaik di berbagai festival musik rock se-Jawa Barat, akhirnya Jikun dengan mantap memutuskan untuk menekuni gitar dan memilih gitar sebagai jalan hidupnya.

Biodata Jikun
Nama: Adji Pamungkas
Tempat dan tanggal lahir: Bandung 6 September ....
Pendidikan: sarjana arsitektur Universitas Katolik Parahyangan

Pengalaman di dunia musik
1. Meluncurkan solo album JikunspraiN. 2008
2. Instruktur Rock Guitar untuk kelas hobi di lembaga kursus musik CHIC’S Jakarta. 2005 – 2006
3. Gitaris /rif.1994 - Sekarang
4. Mengisi solo gitar album “IN-NOSENSATION” nya PAS BAND. 1994
5. Instruktur Rock Guitar di Bogor. 1992 – 1993
6. Mendirikan band REDPINKY- bersama Andy/rif, Magi/rif, dan Trisno PAS BAND, tampil di acara pentas musik di kampus-kampus se-bandung dan menghasilkan 1 (satu) un-realese mini album berisi 3 lagu original.1990 – 1993
7. Membuka kursus gitar private khusus rock guitar. 1990 – 1992
8. menggantikan sementara posisi Ovy /rif, yang saat itu bergabung dalam SCHIZOPRENIA (kelak berganti nama menjadi U camp) untuk tampil di 3 (tiga) kota di Jawa Barat. 1989
9. Predikat gitaris terbaik di berbagai festival musik rock se Jawa Barat. 1988

Pengalaman di dunia iklan
1. Talent artis untuk print ad poster, billboard dan kemasan khusus rokok limited edtion Bentoel XMild – Club Mild. 2006 – 2007
2. Talent artis untuk TVC, jingle guitar untuk radio iklan Bentoel X Mild-Guitar Club. 2005 – 2006
3. Talent artis untuk print ad poster iklan guitar merk PALMER produk nasional pabrik instrument musik PRINCE Bandung. 2000
4. Jingle radio - iklan produk Canesten (solo gitar). 1995

Pengalaman Endorsement

1. Tahun 2006
• artis endorse untuk produk efek pedal merk JIM DUNLOP USA.
• artis endorse untuk accesoris guitar merk PLANET WAVE USA.
• artis endorse untuk produk guitar merk CORT korea..
2. Tahun 2005
• artis endorse untuk guitar merk GIBSON & EPIPHONE USA.
3. Tahun 2003 – 2004
• artis endorse untuk produk guitar merk ASIA GUITAR LAB Bandung.
• artis endorse untuk produk amplifier guitar LANEY ENGLAND.
4. Tahun 2001
• artis endorse Boot Clothing merk CLUBMAN Bandung.

Pengalaman Lainnya
1. Tahun 2006 – 2008
• pengasuh rubik klinik guitar ‘jiksBar’ majalah musik KORT.
2. Tahun 1992 – 1993
• team kreatif rumah produksi ROCKET adv. Jakarta.

3. Tahun 1987
• merakit sendiri sebuah guitar elektrik.
4. Tahun 1986
• membuat efek distori untuk gitar dari rangkaian mainan Walky Talky, Capung gitaris Java Jive sempat menggunakannya.
5. Tahun 1982
• menjadi pelukis dan pengarang cerita komik, yaitu serial HC.Andresen, serial Punakawan dan serial Silat Humor, diterbitkan oleh CV. MARANATHA dengan menggunakan nama ‘JIE’.

Didalam album solonya yang diberi judul JikuNspraiN tersebut, dia mengajak dua rekan lainnya untuk membantu, yaitu Oktav pada Bass dan Andre pada Drum. Selain merilis dalam bentuk Compact Disc (CD) dengan kemasan yang menarik seperti ini :



Jikun pun memberi kesempatan kepada anak-anak muda, masyarakat luas dan penggemar musik rock khususnya instrumental gitar untuk mengapresiasi seluruh karya ciptanya yang terangkum didalam album JikuNspraiN pada layanan nada sambung Flexitone Telkomflexi, adapun lagu-lagunya tersebut :

TITLE - COMPOSER - RING ID
Carolus Daylight Written composed Jikun 7270004
Untuk Dirimu Written composed Jikun/ Pongky Jikustik 7210075
Sprained Written composed Jikun 7270005
Dopamine Written composed Jikun 7270006
Vaincillar Traffic Written composed Jikun 7270007
Throwing Life Written composed Jikun /Andre 7210076
The Needle Written composed Jikun 7270008
Wrist Ball Written composed Jikun 7270009


Caranya mengaktifkannya di HP flexi dengan mengetik Ring On Kodelagu kirim sms ke 1212

**********

No comments:

Post a Comment